Cara Membuat Keripik Bawang Merah Renyah dan Bermanfaat

Pada Pertemuan kali ini saya akan membagikan resep makanan cara membuat keripik bawang merah yang nikmat dan bermanfaat tentunya. Bawang merah memang banyak orang yang menyukainya ketika dimakan mentah mentah, namun pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara membuat kerupuk bawang yang benar dibawah ini

Berikut Cara Membuat Keripik Bawang Merah yang Benar dan Nikmat


Bahan Membuat Keripik Bawang :

  • 250 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung tapioka
  • 1 sdt garam halus
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1 buah telur kocok lepas
  • 5 butir bawang merah cincang halus
  • 150 ml santan kental Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kerupuk

Cara Membuat keripik bawang :

  1.  Pertama tama masukkan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam suatu wadah yang telah disiapkan, kemudian tambahkan garam halus, gula pasir, lada bubuk, dan bawang merah cincang, aduk hingga semua tercampur rata.
  2. Kemudian tuangkan telur kocok dan santan kental, aduk lagi hingga adonan bergumpal-gumpal. Hentikan mengaduk jika sudah menggumpal, diamkan adonan kurang lebih selama 15 menit dan tutup dengan lap/serbet bersih.
  3.  Lalu Siapkan alat giling mie/mesin pasta, giling adonan kripik dari no .1 dan giling hingga halus, kurang lebih 3 kali. Lanjutkan giling ke no.2, giling selama 2 kali. Kemudian naik lagi giling ke no.3, lanjut terus hingga terakhir giling ke no.5. (Ini untuk gilingan resep saya, beda merek beda pula no urut gilingnya. Ada yang dari no.besar ke no.kecil)
  4. Taburi adonan kripik yang sudah tipis dengan tepung terigu, potong sepanjang 30cmx15cm kemudian gulung dan olesi dengan air diujung gulungan. Potong serong dengan pisau yang tajam. Kalau mau dipotong dengan model cheese stick/ panjang, kotak persegi panjang, jajaran genjang atau model lain juga boleh…tergantung selera dan kreatifitas masing-masing.
  5.  Goreng dalam minyak goreng dengan panas api sedang. Bolak balik kripiknya agar tidak terjadi kegosongan, jika sudah kuning kecoklat coklatan segera angkat, dan tiriskan. Kemudian tiriskan, baru disimpan dalam tempat yang kedap udara, atau dikemas dengan plastik/toples bening.

Mungkin Cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan bila anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai kerupuk bawang anda bisa melihat artikel cara membuat kerupuk bawang baik terimakasih semoga bermanfaat

Komentar