Resep kerupuk Kulit Sirip Lele Renyah

Ikan lele mengandung tinggi gizi dan protein yang membantu kecerdasan otak anak. Banyak mengkonsumsi ikan lele juga dapat membatu meningkatkan kesuburan pria dan wanita ikan lele juga kini sering diolah menjadi kerupuk ikan lele sebagai makanan cemilan saat santai maupun untuk makan . Berikut cara membuat kerupuk sirip lele yang renyah

Berikut Resep Kerupuk sirip Lele yang Renyah dan Nikmat

Bahan-bahan

  • 1 kg kulit lele segar
  • 250 gram bawang putih
  • 125 gram garam
  • 2 liter air
  • 1 liter minyak goreng
  • 1 sendok makan kapur sirih

Cara Membuat Resep kerupuk sirip lele

  1. Sirip ikan lele yaitu pada bagian punggung ikan, perut dan sirip ekor lalu digunting. Kulit dan sirip ikan telah didapat. Jika ikan lele ingin digunakan sebagai bahan membuat abon, maka dapat dilanjutkan dengan pemfiletan daging ikan lele.
  2. cuci bersih dan rebus. Setelah kulit/sirip di cuci bersih dan ditiriskan, kemudian kulit dicelupkan ke dalam air panas selama kurang lebih 2 menit, sehingga kulit mengalami pembengkakan atau swelling.  Dilakukan perebusan supaya rantai polisakarida penyusun dinding sel kulit mengalami hidrolisis dan fraksinasi, menjadi rantai polisakarida yang lebih pendek, perendaman dalam air es. Kulit yang telah direbus lalu diangkat kemudian dimasukkan ke dalam air es, sehingga mengalami pengerutan kembali.
  3.  potong kulit dan siapkan bumbu halusnya. Untuk 1 kg kulit/sirip ikan lele dibutuhkan 15 gr garam, 50 gr bawang putih halus, 50 gr kemiri, 50-100 ml air, daun jeruk secukupnya.Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditambahkan ke adonan tepung sehingga membentuk adonan kental. Kemudian sirip ikan lele dimasukan ke dalam larutan bumbu yang telah disiapkan tersebut.
  4. pembaluran dengan adonan tepung. Adonan tepung di antaranya sekitar kurang lebih 500 gr tepung beras, 25 gr tepung meizena, 1,25 gr baking powder dan 20 gr penyedap rasa. Sirip ikan lele dimasukkan ke dalam campuran tepung dan taburi hingga merata.
  5. penggorengan dan penirisan. Kemudian sirip ikan lele digoreng dengan minyak panas dengan api yang besar, digoreng sampai kering kemudian diangkat dan ditiriskan. Agar menghasilkan tekstur keripik lele yang gurih, kulit lele digoreng dua kali.
  6. Keripik lele yang sudah digoreng sebelumnya didiamkan kurang lebih selama 1 malam pada suhu ruang. Penggorengan kedua dilakukan dengan minyak panas hingga berwarna coklat kekuning kuningan atau keripik lele menjadi renyah
Mungkin sekian artikel yang saya berikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel resep kerupuk sirip lele jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Keripik Bawang Merah Renyah dan Bermanfaat